RSS

#HijabTravel Masjid Turki di Freiburg, Jerman

14 Sep

Dear reader,

Alhamdulillah pada bulan Juni 2011 saya mendapat kesempatan untuk menemani siswa UGM mengadakan penelitian selama satu bulan di Freiburg University, Jerman. Sebelumnya saya belum pernah menginjakkan kaki di tanah Eropa. Salah satu mimpi saya bisa menuntut ilmu di sini.

Selama satu bulan ada banyak sekali pengalaman yang membuat saya belajar tentang kehidupan orang muslim di Eropa. Di kota ini saya belajar bahwa kehidupan umat muslim tidak sebebas di Indonesia. Sangat susah untuk mendapatkan ijin membangun masjid lengkap dengan menaretnya, sehingga biasanya masjid-masjid yang saya temui berbentuk seperti gedung apartemen dan tidak diijinkan untuk mengumandangkan adzan.

Salah satu mahasiswa bernama Ali mengadakan penelitian tentang kehidupan umat muslim di Freiburg. Saya mencoba ikut dengannya berkunjung ke masjid Turki dan berbicara dengan Imam masjid. Masjid ini selain menjadi tempat ibadah juga menjadi salah satu pusat pendidikan untuk anak-anak muslim belajar membaca Al-Quran. Sayangnya saat itu kami datang di siang hari dan kelas mengaji baru buka di sore hari.

Masjid-masjid di Freiburg biasanya didirikan oleh kelompok-kelompok imigran dan diberi nama sesuai dengan negara asal mereka, misalnya Masjid Turki, Masjid Maroko, Masjid Arab. Biasanya sangat sulit untuk menemukan muslim Turki yang berkunjung ke masjid Maroko, muslim Arab di Masjid Turki ataupun sebaliknya. Teman saya orang Indonesia yang sedang kuliah disana pernah berguyon

“Hanya orang Indonesia yang ngak perlu bikin masjid soalnya orang Indonesia bisa kemana-mana, hehe”

Itu sudah

(na)

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Jumat, September 14, 2012 in #HijabTravel

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

 
