RSS

Berkaca di tahun 2010

04 Jan

Dear Readers,

Hari terakhir di kalender Masehi 2010 ini, saya ingin mendedikasikan postingan saya untuk mengevaluasi perjalanan saya selama setahun ini. all I can say… Alhamdulillah, everything did happend for my best ๐Ÿ™‚

Ada beberapa resolusi yang saya tulis untuk tahun 2010 ini. kalau saya lihat kadang bikin senyum-senyum sendiri seolah sedang berkaca pada kehidupan setahun kemarin dan bilang pada diri sendiriย  setahun lalu “Hey na, this is what I’ve done..some are good some still need more improvement.. but let’s always be grateful! ” :0

Seperti pada gambar diatas, saya lebih senang menulis resolusi saya dibagi dalam beberapa kategori. Akademik, Sosial, Ekonomi, Spiritual dan Personality. Dengan ini saya bisa lebih mudah memetakan kehidupan saya sehari-hari, dan bisa melihat gambaran lebih jelas tentang isi kepala saya yang memang campur aduk! hehehe ๐Ÿ˜› Selain itu saya lebih suka menggambar resolusi seperti diagram ven (bener ga ya?? :D) di atas, karena menurut saya setiap elemen dalam hidup kita saling terkait dan ga bisa dipisah-pisah.. saya meletakkan personality di bagian tengah bawah karena menurut saya sebaik-baik ilmu dan perilaku harus dibarengi karakter yang berkembang. dan tentu saja untuk spiritual saya letakkan paling tengah karena menjadi poros dari kehidupan yang harus saya jaga dan kembangkan selalu (amin).. maaf kalau bahasanya jadi agak serius hehehe ๐Ÿ˜›

nah sebelum saya menulis resolusi 2011 saya ingin mengevaluasi resolusi saya yang kemarin dulu..

Akademik

Setiap orang punya minat dan personal call sendiri dalam hidupnya, termasuk juga saya. Personal call pertama saya masih sama dan bisa dilihat disini.ย  Lalu yang kedua adalah “berbagi ilmu”, menjadi Guru/Educator adalah mimpi saya. Tahun 2010 ini menjadi salah satu lompatan besar bagi kehidupan akademis saya. Di bidang akademis saya punya mimpi besar dalam hidup saya, menjadi pengajar dan mendirikan lembaga pendidikan. Alhamdulillah, Tuhan sudah memudahkan yang pertama dengan memberikan saya kesempatan saya sebagai asisten dosen tempat saya bekerja sekarang. Saya tidak bisa memastikan bagaimana pekerjaan saya kedepannya nanti, but let’s do our best and ALLAH do the rest ๐Ÿ˜‰ . Nah untuk mengasah kemampuan saya di bidang akademis, 2010 lalu saya menulis beberapa resolusi

  1. 2 ย Seminar. Alhamdulillah, untuk resolusi ini sudah terpenuhi. Seminar pertama di awal Bulan November di Universitas Andalas Padang, waktu itu saya diberi kesempatan untuk presentasi makalah saya tentang pendidikan tinggi di Malaysia. Seminar yang kedua bulan Desember adalah seminar hasil penelitian tahunan yang dilakukan di kampus saya sendiri, dan saat itu saya presentasi tentang Keamanan Energi di India dan Korea Selatan.
  2. 1 publication. Alhamdulillah, tulisan saya yang masih butuh banyak perbaikan ini sudah bisa dimuat di koran KOMPAS 21 September 2010 segmen yogya. (untuk lebih lengkap bisa dilihat disini) Kesempatan ini menjadi pemicu saya untuk lebih produktif lagi dalam menulis dan menuangkan ide-ide saya. ๐Ÿ™‚
  3. Teaching Evaluation (good). Saya paham bagus dan tidaknya mengajar itu bersifat relatif, dan dalam setiap kesempatan saya mencoba untuk menggali masukan dari mahasiswa2 dan juga dosen2 senior. Alhamdulillah untuk saat ini belum ada mahasiswa yg meminta saya berhenti mengajar (hehehe ๐Ÿ˜€ ) tapi masukan2 mahasiswa dan dosen2 senior akan menjadi masukan untuk resolusi 2011 saya nanti ๐Ÿ™‚
  4. Blog : Review HI. ini adalah salah satu resolusi yang belum sempat tercapai tahun 2010 lalu dan akan saya masukkan ke resolusi saya 2011 , semangat! ๐Ÿ˜‰
  5. Accepted for master degree. 2010 saya belum beruntung untuk mendapatkan beasiswa sekolah, tapi jangan dikata saya menyerah.. I will keep doing my best!!! ๐Ÿ˜‰ ย Untuk 2011 saya akan mencoba lebih detail dengan rencana belajar saya. Semakin lama saya semakin tertarik dengan isu-isu kontemporer dalam HI. Yang dimaksud dengan isu-isu kontemporer adalah isu-isu yang diluar perang dan perdamaian, karena kedua isu ini adalah isu yang tradisional dalam ilmu HI. sekarang ini isu-isu seperti kemiskinan, perempuan dan anak-anak, Human Right, Energi, Lingkungan, Korupsi, Teknologi, Media dan Komunikasi bahkan Olahraga menjadi isu yang relevan dalam studi HI. dan saya ingin mendalaminya sebagai kontribusi keilmuan saya. ada dua isu utama yang ingin saya dalami, International Organisation dan Child & Politics. Bismillah..

Economy

Saya menyadari, saya bukan orang yang genius dalam mencari uang (:D) tapi saya belajar untuk bisa mengatur keuangan pribadi saya. Prinsip keuangan saya adalah , Keep It Balance ๐Ÿ˜‰ . Kebutuhan pokok dan sekunder, lahir dan bathin, fisik dan emosi, pengeluaran-pemasukan-tabungan. ada beberapa list yang saya tulis dalam resolusi saya

  1. Party Organizer. saya punya mimpi untuk membuat sebuah party organizer untuk anak-anak yang mengusung tidak hanya Entertainment tapi juga Education. tapi tampaknya resolusi ini harus saya bawa lagi ke 2011, yosh semangat! ๐Ÿ˜‰
  2. Blackberry. Alhamdulillah, di penghujung tahun impian ini terwujud. welcome you hey my Bibie! ๐Ÿ˜‰
  3. Pets. terus terang saya masih bingung, hewan apa yang sebaiknya saya pelihara. moga tahun 2011 saya sudah bertemu dengan jodoh *hewan peliharaan saya .. hehe *amin
  4. Tabungan Haji for Mama . Alhamdulillah, desember lalu tabungannya sudah dibuka.. dan saatnya saya bekerja lebih giat untuk membantu memenuhi panggilan mama untuk naik haji.. amin
  5. 1 buku dan 1 novel / bulan

Sosial

  1. Sosial responsibility activity
  2. weekly volunteering
  3. involved in community routine
  4. visit 1-2 friend out town in a month
  5. adik asuh

Secara general, alhamdulillah hanya karna Allah saya bisa melaksanakan resolusi saya di bidang sosial ini. kalau saya pikir-pikir lagi saya merasa sangat beruntung bisa bertemu dengan banyak sahabat baru dari @resepmini, ibu-ibu Aisyiah cabang Wirobrajan, teman-teman Yayasan Yakatunis, adik-adik di SD Taruna Imani, sahabat2 di Museum Anak Kolong Tangga, Sahabat-sahabat di CeMARA (Kali Code), sahabat-sahabat GeMAH99DIY, ย mempererat silaturrahmi dengan sahabat di Jakarta, Temanggung, Semarang, teman-teman di CoinAChange, Jogjaonliner, sahabat-sahabat saya di kampus dan semuanya. ๐Ÿ™‚ untuk kedepannya saya akan lebih rapi dan terprogram supaya bisa memberikan kontribusi yang lebih positif. seperti kata senior saya

Pak Iwan Kurniawan (@ayah_rayya) ย : Kejahatan yang terencana jauh lebih baik daripada kebaikan yang tidak direncanakan.

Personality & Personal

Ini sebenarnya PeEr pribadi saya sendiri supaya saya bila lebih cantik luar dalam hehehe, dan mari kita biarkan ini tetap menjadi peEr pribadi saya berikutnya ๐Ÿ™‚

Wah, itulah evaluasi saya untuk Resolusi 2010. Alhamdulillah, saya bersyukur untuk semua pencapaian yang telah saya terima. dan saya akan belajar dari kegagalan yang lalu dan tidak menyerah untuk tetap menggapai resolusi dan mimpi-mimpi yang belum bisa saya raih. saya akan terus berjuang! ๐Ÿ˜‰

Dan untuk pembaca yang sudah meluangkan waktu membaca evaluasi saya, terima kasih yaaa.. saya doakan semoga tahun 2011 menjadi tahun yang lebih baik untuk kita semua. semoga kebaikan-kebaikan yang sudah kita lakukan tahun lalu tetap bertahan dan bisa bertambah di tahun 2011 ini.. Semangat Ayeee! ๐Ÿ˜‰

Satu hal yang pasti, Motto saya akan tetap sama untuk 2011 ini

Aku merencanakan hidupku, aku menentukan jalan hidupku, aku menjalani hidupku

dan Takdir TUHAN ada di UJUNG usahaku..

la haula wa la quwwata illa billah

All i can say,

Alhamdulillah, what a great year!!! and let’s do better this year, bismillah..

Itu Sudah

(na)


 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Selasa, Januari 4, 2011 in Diary

 

Tag: , , ,

One response to “Berkaca di tahun 2010

  1. Indah Kartika Sanni

    Sabtu, September 24, 2011 at 7:32 pm

    Subhanallah..merinding ih bacanya…membandingkan dgn blogku..rasanya jauh sekali, blogku terlalu kekanak2an ๐Ÿ˜ฆ
    huuuft..harus bikin blog baru yang menampakkan sisi lainku yg keemasan (halah)hehe.. thanks na chan, for being my inspiraration ^_^

     

Tinggalkan Balasan

 
