RSS

Episode 15 : Sardjito 02.00 dini hari…

22 Sep

Sehat itu…


Kalo aku lagi di tengah-tengah kesibukanku dan rutinitas menguras energiku dan membuatku merasa teramat lelah… maka secara tidak langsung pikiranku akan mengajakku ke sebuah kenangan beberapa bulan lalu. Tepatnya Minggu 17 Februari 02.00 dini hari. Aku ingat betul dengan hari itu,,, karena saat itu aku sedang berada di puncak-puncak kelelahanku. Lelah fisik. Lelah hati. Saat itu, tubuhku mengekspresikan kelelahan dan merongrong untuk diistirahatkan. Namun tidak untuk pikiran dan hatiku yang saat itu masih berada di puncak kemelut. Dan begitulah, malam itu aku tidak bisa tidur. Lalu secara tiba-tiba pukul 01.30 WIB pintu kamarku diketuk-ketuk perlahan. Aku heran, siapa yang masih bangun di malam yang selarut ini. Aku buka perlahan, dan ternyata itu adalah mbak kosku. Maagnya kumat dan dia sudah tidak tahan dengan sakitnya. Aku sedikit panik waktu itu, dengan spontan aku antarkan ia ke Rumah Sakit Sardjito saat itu juga.

01.50…

Kami tiba di Rumah Sakit dan bertemu dengan petugas penjaga. Mbak Kosku langsung diarahkan ke UGD dan menunggu Dokter jaga mendatangi kami. Ditengah-tengah penantian itu aku berusaha menghubungi sahabatnya dan meminta ia untuk menemani pula. Begitu sahabatnya datang, maka kami bergegas berbagi tugas, mencari obat, mengurus kelengkapan adiministrasi, dll.

02.00

Aku terduduk lelah di ruang tunggu, menata hati dan pikiranku. Sesekali mataku menerawang ke sekitar dan kutemukan sebuah kenyataan. Rumah Sakit ini tidak pernah sepi. Meski dini hari seperti itu, di selang beberapa waktu, selalu saja ada pasien baru yang memasuki RS dengan kondisi berbeda-beda. Aku tertegun. Sadar, jika yang namanya sakit itu tidak mengenal batas waktu, umur, kelamin, dll. Sakit itu bisa kapan saja. Aku membayangkan apa yang akan terjadi jika suatu hari aku yang berbaring disitu. Terkulai lemas, tak berdaya, merintih menahan sakit…

Jika aku terbaring disana apa yang akan terjadi dengan kehidupanku? Bagaimana dengan semua rencana yang telah aku kerjakan? Bagaimana dengan perasaan dan harapan keluargaku? bagaimana dengan semua tugas dan tanggung jawabku? Bagaimana dengan…. ? ada beribu pertanyaan yang melintas di pemikiranku yang akhirnya menyimpulkan… aku tidak ingin sakit. Meski semua manusia pasti pernah dan akan sakit, tapi sebisa mungkin aku ingin berusaha menghindar dari sakit itu. Kawan, setujukah kamu jika kesehatan itu mahal harganya? Setujukah kamu jika menjaga kesehatan itu salah satu bagian dari ibadah?

Bagaimana menjaga kesehatan?

Salah satu cara yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga tidur. Apakah kamu sering mengalami Gangguan memori (sering lupa), ‘moody’, gampang depresi, menurunnya energi (gampang lelah), dan menurunnya daya tahan tubuh? Jika iya, makanya berhati-hatilah, itu adalah pertanda kamu sedang mengalami kekurangan waktu tidur. Rata-rata jumlah jam tidur orang dewasa adalah 7-8 jam. Maka jika kamu sedang merencanakan agenda-mu, sediakan pula waktu untuk tidur.

Ada beberapa tips dari tetangga sebelah yang ingin aku bagi tentang bagaimana cara menjaga tidur

* Usahakan tidur malam pada setiap waktu yang sama dan bangun di saat yang sama.
* Jangan tidur di siang hari, karena bisa membuat kita kurang ‘ngantung’ saat malam hari.
* Hindari kopi, rokok, dan minuman beralkohol saat menjelang malam. Karena kafein dan nikotin yang terkandung di dalam rokok dan kopi, dapat mencegah kita untuk tidur.
* Lakukan olah raga secara teratur. Namun sebaiknya jangan melakukan olahraga 3 jam menjelang waktu tidur kita.
* Jangan makan makanan berat menjelang tidur.
* Pastikan cahaya sesuai dengan kebutuhan, tenang dan tidak terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, coba gunakan ‘sleeping mask’. Kalau terlalu berisik gunakan ‘ear plug’. Intinya buat kamar tidur kita senyaman mungkin.
* Hindari menggunakan tempat tidur selain untuk tidur dan berhubungan intim dengan pasangan kita.
* Jika masih tetap tidak bisa tidur dan tidak merasa ‘ngantuk’, bangunlah dan coba cari kegiatan yang bisa membuat kita bisa merasa ‘ngantuk’ seperti membaca buku dlsb. (Catatan: Jangan memaksakan mata kita untuk tidur, karena semakin di paksa maka rasa ‘ngantuk’ akan semakin jauh.
* Jika kita merasa sulit tidur karena banyak memikirkan hal-hal yang akan di lakukan esok hari, buatlah ‘to do list’ sebelum kita memutuskan kembali ke tempat tidur. Hal ini akan membantu kita melepaskan diri dari hal-hal yang mencemaskan.


Dan aku juga memiliki beberapa tips.

1. Prioritas! Mungkin ketika kita sedang mengalami kesibukan yang teramat sangat,,, kita bisa sedikit  menginstropeksi kegiatan-kegiatan kita. Tentukan prioritas kira-kira kegiatan mana yang sebenarnya bisa kita nomor-duakan dan mencari waktu untuk istirahat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan perubahan jadwal itu dengan pihak-pihak yang bersangkutan, dan mintalah pengertian bahwa kita juga butuh istirahat.

2. Minum Vitamin. Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. sebaiknya diminum beberapa saat sebelum tidur.

3. Relaksasi. beberapa saat sebelum tidur, ada baiknya jika kita melakukan relaksasi sederhana. Dengan menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam secara teratur. Dan rasakan geraknya udara masuk dan keluar melalui hidung dan mulut kita.

4. ada yang mau menambahkan lagi??


Pada intinya kawan :

Berdamailah dengan tubuh, pikiran dan hati kita

😉


NB : semoga selalu dilimpahkan keselamatan dan kesehatan untukmu, amin 🙂


Itu Sudah

(na)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Senin, September 22, 2008 in Coretan Saja, Heart

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

 
